Follow This Blog revealed!
Welcome to my blog!Suka blog ini? yuk langsung follow, caranya dengan meng-klik bulatan keempat yang ada disamping...:-). enjoy!


profile



affies



archive



follow


link
" Sometimes the heart sees what is invisible to the eyes. "

Raja yang Paling Dihormati Dalam Sejarah Korea, Raja Sejong
Sunday | 0 comments


Raja Yang Menciptakan Huruf Yang Terunggul Di Dunia

Huruf yang dipuji-puji oleh majalah khusus sains AS 'Discovery' edisi bulan Juni 1994, sebagai 'huruf yang paling kreatif dan efektif diantara huruf di dunia'! Huruf yang dievaluasi oleh ahli bahasa Inggris G. Sampson, sebagai 'huruf yang paling ilmiah, dan salah satu prestasi intelektual yang terunggul bagi umat manusia! Huruf yang didaftarkan sebagai ‘harta warisan catatan dunia UNESCO’ dengan mengalahkan bahasa Inggris dan Jepang! Nah, huruf yang dievaluasi serupa itu tiada lain adalah huruf Korea 'Hangeul' yang menyambut genap 564 tahun sejak diciptakan. Huruf Korea 'Hangeul' diciptakan oleh raja Sejong yang mencintai rakyatnya. 

Menjadi Raja Yang Membuka Era Damai
Raja Sejong yang lahir sebagai putra ketiga dari raja Taejong pada tahun 1397, sebenarnya tidak boleh menjadi raja karena urutan putra. Namun, putra pertama dan kedua tidak mampu menjadi raja, maka dia naik tahta dalam usia 22 tahun. Raja Taejong menyampaikan pesan kepada putranya agar membuka era damai. Sebenarnya, raja Taejong naik tahta dengan melakukan kudeta, maka masa pemerintahannya terasa menakutkan. Dengan demikian, dia berharap raja Sejong yang pintar mewujudkan perdamaian negara. 
Membuat Landasan Kokoh Di Bidang Sistem, Ilmu, Pengetahuan Dan Seni
Sejak masih kecil, raja Sejong suka membaca buku, dan setelah dia naik tahta, dia mendirikan badan penelitian ilmu 'Jiphyenjeon' dan mendorong kalangan muda yang berbakat tinggi meneliti sistem terbaik yang perlu untuk dijalankan oleh negara. 

Sebagai hasilnya, buku-buku di berbagai bidang diterbitkan serta sejumlah sistem dan undang-undang juga diperbaiki. Raja Sejong selalu berbincang-bincang urusan negara dengan bawahannya, dan berusaha untuk memperluas wilayah, sehingga berhasil mengusir kelompok Jurchen di bagian utara dan mempertahankan perbatasan utara dengan mendirikan 4 buah benteng dan 6 buah pos. 

Raja Sejong yang sangat berminat pada teknologi pengetahuan, berhasil menciptakan alat pengukur hujan 'Cheukugi', jam matahari, jam air, dll untuk membantu kehidupan rakyat. Selain itu, dia juga mendorong musisi Park Yeon mengembangkan musik khas Korea berdasarkan pada musik ritual Cina A-ak. 

Rasa Agung Dari Sejong Didasarkan Pada Cinta Terhadap Rakyat
Raja Sejong berusaha untuk membuat negara demi rakyat, dan prestasinya yang terunggul adalah penciptaan huruf Korea,Hunminjeongeum. Sebelum penciptaan huruf Korea, Korea meminjam huruf Cina, namun rakyat biasa tidak dapat membaca dan menuliskannya. Dengan demikian, raja Sejong membuat 28 abjad baru agar rakyat biasa dapat membaca dan meng gunakannya dengan mudah. 
Walaupun ada kelompok yang tidak setuju untuk membuat huruf Korea karena sampai saat itu, Korea menerima budaya dan sistem dari Cina termasuk huruf Cina, maka peristiwa itu mungkin menyinggung Cina. Namun demikian, raja Sejong yang bertekad kuat untuk menciptakan huruf tersendiri Korea akhirnya mengumumkan huruf Korea 'Hunminjeongeum' yang berarti 'kata-kata yang benar untuk diajarkan kepada rakyat' pada tahun 1446. Setelah itu, kehidupan rakyat Joseon terasa lebih nyaman, dan bermanfaat untuk memperluaskan bidang budaya Joseon. 

Raja Yang Agung
Raja Sejong yang mengembangkan berbagai bidang wafat dalam usia 54 tahun. Namun, raja Sejong yang memerintah negara dengan damai berdasarkan konfusianisme mewujudkan keajaiban di Joseon pada abad ke-15, dan masih paling dihormati sebagai raja termasyur di dalam sejarah Korea.


credit : kbs.co.kr/

Labels:


« Newer
Older »