Follow This Blog revealed!
Welcome to my blog!Suka blog ini? yuk langsung follow, caranya dengan meng-klik bulatan keempat yang ada disamping...:-). enjoy!


profile



affies



archive



follow


link
" Sometimes the heart sees what is invisible to the eyes. "

Tentang Wamil
Saturday | 1 comments

Yap..semakin maraknya Artis Korea yg mau masuk wamil, tahun depan atau kapan..
Seperti Leeteuk, Rain, Kim Nam Gil, Go-Joo Won, dll..


WaMil itu singkatan dari wajib Militer dan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara Korea khususnya laki-laki yang punya kesehatan fisik, mental dan spiritual yang bagus. Pokoknya bukan penyandang cacat atau punya kelainan jiwa.

Persyaratan yg harus ikut Militer ini:
1. Laki-laki
2. Keadaanya sehat jasmani dan rohani
3. Umurnya sekitar umur 18-30an wajib ikut.

Banyak yg stress masuk wajib militer. Berikut ini ada sedikit kisahnya :
Laki-laki sehat jasmani dan rohani sekitar umur 20-30-an wajib ikut. Dia bilang pas dapet surat panggilan tes kesehatan dll, kagetnya kayak pacar kamu bilang dia hamil. Bisa dibayangin kan gimana stressnya masuk wajib militer. Petugas pemerintahan yang cek kesehatan calon anggota wajib militer bakal memilah pemuda-pemuda ini untuk masuk ke kategori-kategori tertentu, yang dinilai cocok sesuai laporan tes kesehatannya. Kata temen, ada 4 tingkatan, saya juga gak terlalu ngerti kategorinya apa aja, yang pasti dia mah masuk tingkatan nomor 1, jadi prajurit biasa yang bener-bener latihan fisik dan pegang senjata. Dia ngeluh, kenapa orangtuanya bukan golongan chaebol atau mukanya digantengin dikit trus ikutan jd artis seblum masuk militer. Kan enak bisa masuk tingkat 4 yang kerjanya dibelakang meja dan punya jam luang yang lebih gak perlu capek squad jump, jam pagi, lari dll.
Pantesan aja banyak artis-artis cowok yang ikut wajib militer milih kerja dibelakang meja dari pada kerja dibelakang kawat duri.

Jadi, bisa dibandingin, kalo tingkatan 1 kerjanya lebih berat. Dan semakin tingkatannya keatas (1,2,3,4) bakal dapet waktu lebih dikit buat kerja, yg maksudnya banyak waktu istirahat.

Karena banyak yang protes tentang orang-orang yang bisa ambil jalan ‘aman’ masuk wajib militer tapi punya status tingkat 4 padahal orang yang bersangkutan gak punya masalah kesehatan, mereka pada jadi bahan gunjingan dimasyarakat. sebagian orang mungkin menganggap kalo wajib militer itu mimpi buruk yang terjadi pada masa-masa mereka seharusnya bersenang-senang, soalnya selama 2 tahun harus di ‘karantina’ menerima pelatihan ketentaraan. Tp  dia dapetin pengalaman yang gak bisa didapet di tempat lain. Yang td nya dia pikir buat apa sih ikut wajib militer, buang2 waktu 2 tahun, harus ngelepasin status pekerja, siswa/mahasiswa. Tapi klo dipikir sama aja, dia juga bakalan ngabisin waktunya secara percuma klo dia gak ikut wajib militer.

Trus, apa yang dilakukan anak-anak muda yg sudah masuk militer?
~ Pertama-tama mereka harus berhenti sekolah/dari pekerjaannya untuk sementara.
~ Lalu mereka diharuskan mengisi formulir dimanakah mereka ingin ditempatkan, ada angkatan laut, udara atau prajurit yang membantu pasukan amerika. Tapi kebanyakan dari mereka akhirnya malah jadi tentara.
~ Latihan dasar yang mereka terima sekitar 4 minggu di camp latihan, setelah itu mereka baru dipindah tugaskan ke satuan unit yang mereka pilih sebelumnya untuk melanjutkan sisa waktu wajib militer untuk 2 tahun ke depan. Jadi, mereka wamil selama 2 Tahun 4 Bulan.
~ Baru tahu kalo setiap tahun setelah selesai wajib militer, mereka masih diharuskan ikut latihan tahunan 예비군 훈련.

Hmmpp..tujuan diadainnya apa??
Tujuan dari pada wamil adalah jika sebuah negara merasakan akan ada ancaman invasi dari negara lain, Berhubung ancaman tersebut setiap saat bisa saja terjadi, Maka negara mewajibkan setiap pemudanya untuk mendapatkan pelatihan militer, Supaya suatu hari nanti jika terjadi perang negara tidak akan kekurangan pasukan dan para pemudanya sudah siap dan memiliki teknik dasar dari militer untuk membela negara.
Terus,terus..kenapa di Indo ga diberlakukan kayak gitu??
1. Cobalah kita perhatikan betapa banyaknya anak-anak Indonesia yang bercita-cita menjadi polisi atau tentara. Hal ini pun sangat berkorelasi dengan panjangnya antrian pemuda-pemudi Indonesia untuk mengikuti pendidikan militer di segala sektor, entah itu akabri, akapol, dll. Jadi, tanpa wamil banyak rakyat yang tanpa paksaan dan dengan sukarela bergerak di dunia militer…
2. Situasi negara yang relatif aman seperti di Indonesia saat ini sepertinya belumlah tepat diberlakukan wamil, dengan tenaga militer yang ada sekarang sepertinya masih cukup.. Wamil akan sangat efektif diberlakukan dalam kondisi negara yang relatif berkonflik dan berpotensi diserang oleh gangguan musuh baik dari dalam maupun luar…
3. Kalau saat ini dipaksakan wamil, sebaiknya ada sosialisasi yang sangat menyeluruh kepada masyarakat mengenai tujuan dan urgensi diberlakukannya wamil, sehingga ketika wamil telah diberlakukan tidak ada lagi hal yang membingungkan di masyarakat.


Credit:countingwayward.wordpress in Tsatsasoeun@asianfansclub

Labels:


« Newer
Older »